Desain Ruangan Home Theater Untuk Hiburan Keluarga

Tuesday, March 8th 2016. | Arsitektur Bangunan, Furniture, Interior

Desain Ruangan Home Theater Untuk Hiburan Keluarga – Jika Anda pecinta film namun Anda tidak sempat pergi ke bioskop, home theater adalah solusi utama. Ya, kehadiran home theater sangat membantu pecinta film untuk menikmati waktu luang mereka bersama keluarga. Anda bisa menghadirkan home theater di rumah Anda mulai dari home theater yang mewah dan eksklusif hingga ke simpel dan sederhana. Baik desain mewah maupun sederhana, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Anda ataupun perancang home theater mendesainnya.

Ruang Home Theater Minimalis

Ruang Home Theater Minimalis

Ruang Home Theater Klasik Modern

Ruang Home Theater Keluarga

Ruang Home Theater Keluarga

Ruang Home Theater Elegan Minimalis

Ruang Home Theater Elegan Minimalis

Bentuk Ruangan

Yang pertama dimulai dari bentuk ruangan. Bentuk ruangan terbaik untuk home theater adalah persegi ataupun persegi panjang. Bentuk ruang ini mampu memantulkan suara dengan sempurna dibandingkan bentuk ruang yang lain. Selain itu, bentuk persegi memudahkan Anda menata furnitur-furnitur di dalamnya. Anda bisa menyediakan ruang khusus untuk home theater Anda maupun ruang lain seperti kamar ataupun ruang keluarga.

Kondisi ruangan
Pastikan ruangan untuk home theater Anda memiliki jumlah jendela yang sedikit agar jumlah sinar matahari yang masuk terbatas. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat menyilaukan layar yang akan mengganggu kejelasan gambar di layar. Untuk menghindari silau, Anda bisa menyesuaikan warna dindingnya atau juga bisa menambahkan dekorasi ruang, seperti gorden. Warna dinding lebih diutamakan warna yang gelap dan lembut seperti warna coklat tan atau hijau olive. Dan bila Anda ingin memberikan kesan elegant dan mewah bisa menggunakan perpaduan hitam dan abu-abu.

Peredam suara
Jika Anda ingin mendapatkan efek suara yang dahsyat tanpa mengganggu orang atau tetangga di sekitar, maka Anda butuh peredam suara. Desainlah dinding peredam suara di ruangan home theater Anda lengkap dengan karpetnya. Karpet membantu menyerap suara, karena suara dapat memantul dari lantai. Selain itu karpet juga berfungsi untuk menambah kenyamanan ruang menonton Anda.

Sofa 
Untuk kenyamanan saat menonton, karpet saja tidak cukup. Anda bisa meletakkan sofa biasa maupun sofa tidur yang berfungsi sebagai tempat duduk dan tempat tidur sekaligus.

Peletakan TV dan speaker
Letakkan TV di tempat yang aman dan pastinya jauh dari jangkauan anak-anak. Anda bisa membeli set lemari TV yang dilengkapi dengan tempat untuk DVD player dan juga berfungsi untuk penyangga speaker. Selain itu, Anda bisa menempelkan TV Anda ke dinding untuk penampakan TV yang lebih tinggi. Speaker bisa diletakkan mengikuti peletakan TV Anda.

Nah,, setelah membaca penjelasan di atas, sudahkah ada gambaran Ruang Home Theater impian Anda??

 

tags: , , ,