Tips Pemilihan Sofa Terbaik untuk Rumah

Sunday, October 11th 2015. | Sofa

Style keseluruhan dari sebuah interior rumah, khususnya ruang tamu, salah satu yang berpengaruh cukup besar adalah sofa. Sofa dapat menjadi elemen dekorasi ruang yang bagus. Oleh karena alasan itu, maka membeli sofa dengan desain yang tepat adalah prioritas utama yang harus Anda lakukan. Sofa dengan desain dan material serta mutu berkualitas merupakan investasi yang berharga, karena harga sofa tidaklah murah, Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli sofa, apalagi jika membeli 1 set sofa, tentu saja harganya lebih mahal lagi. Sofa memang akan terasa lebih nyaman saat diduduki juga lebih tahan lama apabila memiliki kualitas tinggi serta terbuat dari material yang bagus. Mari baca selengkapnya.

Kumpulan Tips Membeli Sofa yang Tepat

Tips pemilihan Sofa terbaik untuk rumah

Sebelum Anda membeli sebuah sofa atau satu set sofa, Anda harus memastikan sofanya sudah sesuai karakter dari ruangan yang mau Anda pasangi sofa tersebut, misalkan ruang tamu, jangan sampai tidak sesuai atau tidak cocok. Jangan Cuma karena Anda tergoda oleh milik orang lain maupun tren, hingga Anda membeli sofa yang desainnya tak sesuai karakter tama ruangan. Anda harus memilih sofa berdasarkan selera pribadi juga anggaran kantong yang telah Anda persiapkan.

Tips berikutnya yakni sebaiknya waktu membeli sofa, Anda juga memperhatikan kualitas dari bahan pembuatan sofa tersebut. Hal ini dapat Anda lihat dari komponen busanya dari sofa tersebut, di mana busa merupakan komponen yang akan menjaga tekstur secara keseluruhan dari sofa, juga Anda harus mengecek kumparan pegas sofa, Anda harus memilih sofa yang menggunakan kumparan pegas padat serta tidak mudah melar. Anda pun harus memperhatikan faktor tekstur serta unsur dari bahan pelapis atau dikenal juga dengan upholstery.

Tips ketiga yang akan kita bagikan spesial untuk Anda dalam memilih sofa yakni sesuaikan ukuran sofa dengan meja serta kursi pendamping di ruangan yang sama, jika memang ada, sesuaikan ukurannya dengan ukuran ruangan pula. Anda jangan sampai menjadikan area interior ruangan terlihat sempit. Apalagi kalau Anda mempunyai seorang anak yang masih balita.

Keempat, Anda juga harus melihat tinggi punggung dari sofa. Anda jangan sampai memilih sofa yang terlalu tinggi, sehingga pandangan pun menjadi terhalang. Karena Anda mungkin mau melihat berbagai pernak pernik lain yang merupakan dekorasi ruangan yang sama, contohnya, patung lukisan, maupun lampu-lampu. Akan sangat tidak mengenakkan apabila semua itu tertutup atau sulit terlihat karena sofa memiliki tinggi punggung yang berlebihan, begitu pula dengan tamu Anda, juga akan merasa terganggu, karena biasanya sofa ini diletakkan di ruang tamu. Dan ruang tamu itu tentu memiliki beragam aksesoris juga yang menghiasi ruangan.

Tips berikutnya yaitu terkait bahan pembungkus dari sofa. Ya, Anda pun harus memperhatikan bahan pembungkus sofa, jadi tidak hanya melihat kualita busa dan pegasnya saja. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan pembungkus sofa ini dikenal juga dengan nama lain upholstery. Ada ragam pilihan bahan pembungkus sofa, beberapa di antaranya yaitu denim, katun, polyester, kanvas, beludru, sutra, maupun kulit asli dan kulit sintetis juga ada. Kesemua bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Material dari kulit asli saja sebagai contohnya, dapat awet hingga puluhan tahun lamanya. Yang terpenting adalah metode perawatan yang Anda lakukan itu sudah benar apa adanya. Sekian artikel tentang tips pemilihan sofa terbaik untuk rumah, semoga berkenan.

tags: ,