Model Desain Bentuk Atap Rumah Minimalis 1 Lantai

Wednesday, March 4th 2015. | Rumah Minimalis

Atap rumah minimalis pastinya perlu diperhatikan karena membangun rumah minimalis tak hanya sekedar memikirkan desain rumahnya saja, melainkan juga desain atap rumahnya. Mungkin, banyak orang yang mengira bahwa atap rumah hanyalah sekedar penutup rumah atau pelindung rumah dikala hujan dan panas.

Ya, mungkin hal tersebut bisa dibenarkan karena fungsi atap sesungguhnya adalah untuk pelindung umah. Namun, pada zaman modern, atap rumah tak hanya sekedar untuk pelindung kala panas dan hujan, melainkan juga menentukan estetika rumah. Jadi, sangatlah perlu mengetahui jenis atap rumah minimalis supaya Anda bisa menerapkan pada rumah mungil Anda.

Model Atap Rumah Minimalis

Model atap rumah minimalis yang pertama ini mungkin terlihat sederhana. Atap rumah ini hanya berbentuk limas segitiga saja. Biasanya, bentuk atap yang seperti ini digunakan pada rumah minimalis yang sederhana, seperti rumah minimalis tipe 36. Dengan atap rumah dengan bentuk limas segitiga ini, panas akan terpantul dengan baik sehingga rumah akan tetap dingin. Air hujan pun bisa langsung mengalir ke bawah, jadi resiko atap kebocoran pada atap rumah akan sedikit terkurangi.

Desain Atap Rumah Minimalis

model-desain-bentuk-atap-rumah-minimalis-1-lantai

Kedua, atap kotak. Pernahkah Anda melihat rumah yang seperti kubus? Mungkin, banyak dari Anda yang mudah menjumpainya di daerah Arab. Kebanyakan rumah minimalis atau flat di Arab memiliki atap yang datang. Mengapa bisa demikian? Desain atap rumah minimalis yang seperti ini biasanya digunakan pada daerah-daerah yang jarang hujan.

Seperti di Arab, hujan pun tak sering datang karena cuaca panas lebih mendominasi. Hanya saja ketika hujan datang, rumah minimalis dengan atap kotak akan rawan botol karena air hujan akan mengenang di atap, bukan mengalir ke bawah. Tetapi memang, proses pembuatan atap kotak ini lebih simple dan juga tak membutuhkan biaya yang besar.

Bentuk Atap Rumah Minimalis 1 Lantai

Bentuk atap rumah minimalis yang lain yang mungkin sering Anda jumpai adalah atap pelana. Atap pelana mirip dengan atap limas segitiga. Hanya saja, atap terkesan lebih lebar. Atap rumah yang berbentuk seperti pelana ini kerap kali dipilih karena atap rumah yang terbilang simple ini memiliki beberapa keuntungan.

Atap pelana akan membuat sinar matahari terpantul dengan sempurna sehingga rumah tidaklah terasa panas. Sebaliknya, ketika hujan turun pun, rumah akan terhindar dari kebocoran karena air hujan akan langsung turun ke bawah ketika melewati atap rumah dengan bentuk pelana tersebut.

Keempat, gabungan dari atap pelana dan atap limas segitiga. Bagaimana ya kira-kira bentuk atap gabungan tersebut? Bukan berarti, atap gabungan tersebut bertumpuk-tumpuk. Lihatlah atap rumah minimalis 1 lantai modern. Rumah minimalis modern tersebut sering kali menerapkan atap gabungan. Atap limas segitiga tersebut biasanya digunakan pada bagian rumah yang lebih menjorok ke depan atau bagian tengah rumah.

Sedangkan, atap rumah pelana, digunakan untuk pelindung rumah pada bagian pinggir atau mengapit atap rumah limas segitiga. Bisakah Anda membayangkannya? Jika belum, cobalah lihat bentuk atap rumah dengan gaya minimalis modern zaman sekarang.

Ada juga yang mencoba menggabungkan atap limas segitiga untuk pelindung rumah sekaligus penentu keindahan rumah. Biasanya, pemilik rumah yang ingin membuat atap rumahnya terlihat tak biasa, mereka akan menerapkan atap bersusun.

Atap bersusun maksudnya, atap untuk bagian belakang rumah lebih tinggi dan tentunya lebih luas, sedangkan untuk atap rumah bagian depan terlihat lebih mungil. Dengan begitu, atap rumah limas segitiga yang tadinya terlihat biasa akan terlihat memukau dan lebih memberikan kesan modern pada rumah. Semoga informasi tentang atap rumah minimalis di atas bermanfaat bagi para pembaca.

tags: , , , , , , , ,