Membuat Ruang Semakin Cantik Menggunakan Kaca Patri

Friday, October 23rd 2015. | Interior

Kaca patri termasuk sebuah seni yang sudah dikenal juga berkembang mulai abad X. Pada waktu itu kaca patri banyak dipakai sebagai aksesoris penghias ruangan, dan dapat ditemukan pada bangunan-bangunan gereja contohnya. Karena memang kaca patri ini berkembang di negara Eropa. Sementara itu, motif-motifnya juga mewakili karakter yang ada pada gereja. Tetapi itu jaman dahulu, untuk jaman sekarang, penggunaan kaca patri sudah meluas hingga bangunan-bangunan yang digunakan sebagai hunian sehari-hari, dengan menggunakan beragam model yang lebih bervariasi. Tujuan dari penggunaan kaca patri untuk sebuah hunian yaitu memperindah interior dan eksterior tampilan ruangan juga meningkatkan sistem pencahayaan ke arah lebih baik dan sempurna. Kaca patri termasuk karya seni, dan memiliki nilai seni cukup tinggi, selain lukisan tentunya, walaupun memang kaca patri ini lebih ke arah aksesoris dan tidak wajib digunakan, jadi penggunaan kaca patri merupakan alternatif untuk Anda, tidak harus diterapkan, boleh diterapkan boleh tidak. Mari baca selengkapnya.

Kaca Patri Sebagai Elemen Aksesoris Rumah

Membuat ruang semakin cantik menggunakan kaca patri

Sebelum berdiskusi lebih lanjut, Anda perlu mengetahui jika bagaimana kaca patri dibuat. Seperti namanya itu, berarti kaca patri dibuat menggunakan bahan dasar kaca, namun kacanya merupakan kaca khusus, bukan kaca sembarangan. Kaca yang digunakan merupakan jenis kaca yang memakai warna, jadi bukanlah sebuah kaca bening seperti kaca pada umumnya, berbeda dengan kaca yang biasanya dipakai di rumah-rumah. Walaupun begitu, cahaya tetap dapat masuk ke dalam rumah, cuma mungkin kelemahannya adalah apabila menggunakan kaca patri, maka pandangan Anda dari dalam rumah ke luar rumah akan terhalang oleh elemen desain yang menempel di kaca patri tersebut.

Untuk proses pembuatan dari kaca patri yakni kaca pertama dilebur di dalam suhu sangat tinggi, kemudian dari campuran beragam jenis oksida juga garam logam dalam adonan silika, itu akan membuat warna-warni indah ke kaca. Kemudian, tembaga oksida itu dipakai untuk memberikan warna hijau, sementara kobalt digunakan untuk memberikan warna biru, dan emas untuk memberikan warna merah, tetapi belakangan karena harga emas itu mahal, maka emas pun digantikan memakai tembaga, yang juga sama-sama memberikan warna merah. Perak nitrat dapat memberikan warna kuning, sementara nikel dapat menjadikan warna hitam, dan mangan dapat memberikan warna ungu. Yang terakhir adalah timah oksida dan uranium, di mana timah oksida bisa memberikan warna putih, dan uranium bisa memberikan warna merah menyala yang bagus dan cantik. Itulah mengenai proses pewarnaan dari kaca patri.

Perkembangan Kaca Patri di Jaman Sekarang

Pengaplikasian dari kaca patri untuk jaman sekarang ini sudah cukup beragam juga. Mulai dari pengaplikasian bagi pintu maupun jendela, hingga pengaplikasian pada berbagai perabotan kecil, contohnya gelas, lampu meja, dinding panel, piring pun sudah menggunakan kaca patri walaupun masih jarang. Ada beragam pilihan warna yang disediakan dari kaca patri. Pola dan motif kaca patri pun semakin beragam dari waktu ke waktu. Tak hanya menggunakan potongan-potongan dari kaca yang mirip dengan puzzle, namun saat ini sudah mulai meluas hingga desain seperti layaknya lukisan, dan tentunya tingkat pengerjaan yang tak kasar lagi. Hasilnya pun sangat bagus, dan dapat mempercantik interior serta eksterior rumah Anda.

Kaca patri pun memiliki fungsi menjaga privasi, karena sifatnya yang tidak bisa dilihat atau tidak tembus pandang, berbeda dengan kaca biasa. Ada pilihan kaca patri yang bersifat buram, mempunyai pola, dan bertekstur, di mana kesemua jenis kaca patri ini cocok untuk privasi lebih. Sekian artikel tentang membuat ruang semakin cantik menggunakan kaca patri.

tags: