Membangun Rumah Idaman dengan Hemat

Sunday, October 25th 2015. | Rumah Minimalis

Rumah nyaman dan indah tentu merupakan rumah impian setiap insan, apalagi yang harganya murah. Biasanya jika Anda ingin memperoleh sebuah hunian murah, maka lebih baik membangun sendiri dibandingkan membeli yang sudah jadi, contohnya perumahan, membeli rumah di perumahan sudah tentu lebih mahal dibandingkan jika Anda sudah mempunyai tanah kemudian membangun rumah sendiri dari awal, dengan asumsi diluar harga tanah. Selain itu, membangun rumah sendiri tentu akan menimbulkan kebanggaan bagi Anda. Kedepannya jika punya modal, siapa tahu Anda dapat menjadi seorang developer. Akan tetapi, kemauan tersebut memang seringkali akan terbentur beberapa hal yang dapat menjadi sebuah penghalang bagi Anda dalam mewujudkan pembangunan rumah idaman sendiri. Salah satu masalah yaitu anggaran pembangunan atau biaya pembangunan. Ya, walaupun lebih murah dibandingkan membeli rumah sudah jadi, tetapi jika cara pembangunan salah, maka biaya total yang dikeluarkan bisa berlebih dan justru membengkak, di luar perkiraan hingga akhirnya proses pembangunan selesai di tengah jalan saja, jangan sampai hal ini menimpa Anda. Mari baca selengkapnya.

Masalah yang mungkin muncul dari membangun rumah sendiri

Membangun rumah idaman dengan hemat

Beberapa masalah yang mungkin muncul apabila Anda memutuskan untuk membangun rumah sendiri, selain masalah biaya yang membengkak, masalah lainnya yaitu keterbatasan lahan. Anda harus membuat desain sedemikian rupa sehingga luas lahan dapat mencukupi, paling tidak Anda juga mempunyai sisa lahan untuk dijadikan pekarangan rumah, dan dibangun kebun supaya rumah tampak asri dan cantik. Tetapi, jangan karena masalah tersebut kemudian Anda mengurungkan niat untuk membangun hunian sendiri dari awal, untuk menjadi tempat tinggal nyaman bagi keluarga dan Anda dalam jangka waktu lama. Sekarang ini sudah cukup beragam alternatif yang bisa Anda pilih dalam menciptakan sebuah tempat tinggal yang bagus dan nyaman, dengan tidak wajib mengeluarkan modal terlalu berlebihan. Ya, dengan model rumah murah ini, Anda bisa memulai proses konstruksi rumah hunian tanpa beban pikiran, karena biaya total yang dikeluarkan akan lebih kecil, biaya pembangunan akan bisa ditekan.

Tips pertama yaitu Anda harus bisa mengeksplorasi desain rumah dengan sempurna, Anda aturlah sedemikian rupa jadi tiap aspek rumah itu akan memiliki fungsional yang baik dan tertata rapi. Anda harus bisa mendesain sebuah rumah dengan efisien dan efektif. Kesimpulannya, Anda memerlukan perencanaan desain yang cermat dan teliti, jangan sampai kesalahan terjadi begitu pembangunan selesai, karena biaya untuk melakukan renovasi akan cukup menyengsarakan, belum lagi uang yang terbuang karena harus membayar waktu tukang lebih serta waktu yang terbuang jika harus sampai melakukan renovasi.

Tips kedua dan sudah sering diperbincangkan yaitu mengenai material. Material ini merupakan elemen yang sangat berpengaruh kepada mahal tidaknya keseluruhan biaya pembangunan. Untuk membangun sebuah hunian atau rumah yang biayanya murah, Anda harus memulainya dengan pemilihan bahan bangunan (material) yang berkualitas, dan harganya tidak mencekik. Anda harus pintar mencari supplier yang tepat, yang menawarkan harga menguntungkan kedua belah pihak, jadi supplier material bangunan tidak mengambil untung terlalu banyak, Anda dapat mencoba meminta diskon, dan tanyakan mengenai pengiriman. Jika penjual atau supplier material bangunan tersebut dapat mengantarkan barang-barang yang dibeli, tentu saja kesempatan itu sebaiknya segera Anda ambil. Karena akan menghemat biaya transport cukup banyak. Sekian artikel tentang membangun rumah idaman dengan hemat.

tags: