Jenis dan Bentuk Atap Rumah Minimalis Sederhana Modern

Thursday, January 29th 2015. | Rumah Minimalis

Rumah minimalis menjadi salah satu tren gaya rumah masa kini. Hal ini dikarenakan konsep rumah minimalis yang simple tanpa ornamen berat yang menjadi desain eksteriornya. Pengaturan warna, fasad rumah serta atap juga mempengaruhi gaya rumah minimalis tersebut. Bentuk atap rumah minimalis cenderung sederhana dan terbuat dari bahan yang ringan dengan desain yang unik namun tetap simple.

Sebuah atap rumah memiliki fungsi untuk melindungi rumah dari sengatan matahari maupun dari terpaan hujan serta badai yang menerjang. Namun selain memiliki fungsi melindungi, sebuah atap rumah juga harus memiliki fungsi estetika atau nilai seni yang menjadikan sebuah rumah memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri hanya dengan melihat atap rumah.

Atap Rumah Minimalis Sederhana

Atap rumah minimalis sederhana menjadi salah satu pilihan dalam mendesain rumah minimalis yang simple dan ringan. Memiliki bentuk yang sederhana yang cenderung berbentuk limas atau segitiga bahkan segiempat merupakan salah satu bentuk favorit dalam hunian rumah minimalis. Penggunaan bahan untuk atap rumah minimalis juga menjadi salah satu point penting yang perlu diperhatikan.

jenis-bentuk-atap-rumah-minimalis-modern-sederhana

Bahan atap yang biasa digunakan untuk sebuah atap hunian minimalis diantaranya adalah atap yang terbuat dari bahan plafon. Atap dari bahan plafon ini merupakan salah satu bahan favorit yang kerap digunakan untuk atap rumah. Hal ini dikarenakan bahan tersebut ringan, dan berfungsi dengan baik dalam meredam suara seperti air hujan dan berfungsi dengan baik dalam meredam hawa yang panas.

Jenis Atap Rumah Minimalis Modern

Atap rumah minimalis modern juga merupakan salah satu atap rumah yang bisa dijadikan alternatif dalam mendesain atap hunian minimalis. Atap rumah yang memiliki gaya yang lebih modern didesain sedemikian rupa sehingga menciptakan ciri dan karakter tersendiri dari sebuah rumah.

Bentuk atap tidak lagi berbentuk limas atau segiempat namun lebih memiliki gaya dengan tumpukan dua atap atau hanya satu atap yang didesain miring sebagai tempat mengalirnya air hujan, atau beberapa desain lagi yang sesuai dengan karakter hunian.

Beberapa jenis atap rumah minimalis bisa didesain sesuai dengan karakter hunian rumah minimalis, diantaranya adalah:

1. Jenis atap sandar

Jenis atap ini berupa tambahan selasar sebagai atap rumah. Namun jenis atap ini kurang efektif dalam melindungi hunian dari cuaca yang ekstrem.

2. Atap pelana

Jenis atap rumah pelana merupakan salah satu jenis atap yang simple hal ini dikarenakan desainnya yang berupa dua pertemuan yang disebut sekat genteng. Berbentuk dengan kemiringan 30-40 derajat, atap ini menjadi favorit hunian minimalis karena mampu menyerap panas dari sinar matahari dan mampu mengalirkan air hujan dengan baik langsung menuju ke tanah.

3. Atap perisai

Jenis atap ini juga disebut dengan atap datar, hal ini dikarenakan jenis atap ini berupa trapesium. Salah satu atap yang kurang populer dan jarang digunakan dalam hunian minimalis. Atap ini memiliki keunikan dengan kemiringan 30-40 derajat, desain atap perisai cenderung simple dan unik serta memiliki nilai estetika. Namun untuk memaksimalkan fungsi atap perlu dicor kembali, agar atap menjadi lebih kuat.

Bentuk atap rumah minimalis merupakan salah satu bagian penting dalam bentuk antar muka sebuah rumah minimalis. Selain memiliki fungsi sebagai pelindung rumah, atap yang memiliki keunikan akan menjadi daya tarik dan ciri khas dari sebuah hunian.

Beberapa jenis atap bisa dijadikan sebagai sumber referensi dalam mendesain atap rumah hunian minimalis. Konsultasikan dengan arsitek yang mendesain rumah atau pengembang yang mengerjakan rumah minimalis untuk mendapatkan sebuah atap yang sederhana namun indah bagi rumah minimalis.

tags: , , , , , , , ,