Jalan Setapak Pintu Masuk Rumah

Sunday, March 13th 2016. | Arsitektur Bangunan

Jalan Setapak Pintu Masuk Rumah – Seringkali, dalam mendesain rumah kita melupakan hal sepele seperti jalan setapak menuju pintu rumah. Pada umumnya rumah-rumah tidak memiliki rancangan khusus atau akses khusus untuk jalan setapak ini karena kita memfokuskan desain eksterior rumah seperti pada taman, kolam, kebun, dan teras. Padahal, anda bisa membuat tamu anda merasa istimewa dengan desain jalan pintu masuk rumah yang menarik. Tidak hanya sebagai hiasan, jalan setapak menuju rumah ini dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Jalan Setapak Pintu Masuk Rumah

Jalan Setapak Pintu Masuk Rumah

Dihiasi rerumputan
Pada umunya, jalan setapak menuju rumah dibuat dari batu khusus yang ukurannya dan jaraknya disesuaikan dengan langkah kaki. Adapula yang mendesain tapakan jalan dari batu bata yan kemudian dihiasi dengan bentuk menyerupai potongan kayu yang terlihat kambiumnya. Apapun bentuk tapakan tersebut akan terlihat natural dan asri bila dikelilingi rerumputan hijau di sisi-sisinya. Rumput ini juga berfungsi sebagai penyerap air bila hujan tiba sehinga air tidak menggenangi jalan setapak menuju rumah anda.

Dikelilingi kolam
Bagi anda pecinta air, tidak ada salahnya untuk menciptakan kolam di sekeliling jalan pintu masuk rumah. Kolam dengan air yang bening ini bisa anda hiasi dengan batu-batu kali. Jika anda penggemar ikan koi, tidak ada salahnya untuk memelihara ikan koi anda di sepanjang kolam tersebut. Corak ikan koi yang menarik tentu akan membuat jalan masuk rumah ini terlihat mewah. Namun, anda harus mempertimbangkan sirkulasi air agar air selalu terjaga kebersihannya. Air yang keruh akan merusak nilai estetika kolam anda. Pastikan juga anda membersihkan dinding-dinding dan lantai kolam.

Batu refleksi
Jika anda sangat peduli kesehatan namun tidak sempat berolahraga, anda bisa meletakkan batu refleksi di sepanjang jalan menuju rumah anda. Ya, batu refleksi yang diambil dari batu sungai ini sangat berguna bagi kesehatan. Pemasangannya pun tidak terlalu rumit karena anda bisa menanamkan batu refleksi ini di atas semen basah. Anda pun bisa berolahraga setiap hari, atau tepatnya setiap anda keluar masuk rumah, saat anda melintasi jalanan dengan batu refleksi tersebut. Namun pastikan anda serta tamu-tamu anda melepas alas kakinya agar batu refleksi tersebut bersih dan tidak mudah rusak.

tags: , , ,