Desain Rumah Sederhana Type 36 Minimalis

Tuesday, April 28th 2015. | Rumah Minimalis

Rumah minimalis banyak diminati karena modelnya yang simpel dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal. Budget yang pas-pasan seringkali membuat orang bingung dalam merencanakan pembangunan rumah. Namun, untuk rumah minimalis, hal tersebut bukanlah menjadi masalah besar.

Rumah type 36 minimalis contohnya, karena rumah ini hanya memerlukan lahan sekitar 36 meter persegi saja. Rumah minimalis dengan type 36 ini banyak diminati khususnya bagi orang-orang di kota besar yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Memiliki rumah minimalis, tidak terlalu direpotkan dalam merawatnya.

Rumah Minimalis Sederhana Type 36

Rumah minimalis sederhana type 36 perlu penataan ruang yang tepat agar ruang tidak terkesan penuh dan sesak. Terlebih lagi karena rumah tipe ini merupakan yang paling sempit diantara rumah-rumah minimalis lainnya, yaitu tipe 45, 60, 70, dan 90. Baik merancang rumah baru maupun membeli jadi, rumah minimalis dengan type 36 ini harganya sangat terjangkau. Jika membuat denah sendiri, maka harus kreatif untuk memanfaatkan lahan yang terbatas yang digunakan untuk memaksimalkan fungsi rumah sebagai hunian yang nyaman.

rumah-sederhana-type-36-minimalis

Rumah minimalis type 36 merupakan rumah yang amat mungil sehingga penataannya harus menuntut kreativitas yang tinggi agar rumah lebih terlihat luas. Ada banyak referensi untuk menata rumah ini, dan saat ini di media cetak seperti majalah dan surat kabar maupun media elektronik terutama internet sudah tersedia berbagai contoh penataan rumah-rumah minimalis. Secara umum, ruangan utama yang ada pada rumah minimalis type 36 adalah kamar tidur utama dan kamar tidur anak, kamar mandi, dapur, ruang makan yang berfungsi ganda sebagai ruang keluarga, dan ruang tamu.

Desain Rumah Minimalis Type 36

Desain rumah minimalis type 36 juga dapat Anda contoh dari media-media cetak maupun elektronik, atau Anda membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Dalam membuat denah, tidak harus berlantai 1. Jika memungkinkan Anda dapat merancang rumah minimalis 2 lantai. Namun hal ini juga memerlukan budget yang lebih besar.

Di lantai atas dapat ditambahkan kamar tidur sebagai persediaan jika terdapat keluarga atau kerabat yang menginap atau persediaan jika di waktu yang akan datang keluarga akan bertambah. Penambahan kamar mandi lantai atas juga penting agar Anda tidak perlu bolak-balik naik-turun hanya untuk ke kamar mandi.

Mengenai interiornya, pilihlah bentuk-bentuk yang minimalis. Biasanya untuk rumah minimalis terdiri dari perpaduan warna putih dan abu-abu. Ini agar rumah terkesan elegan dan memberikan efek luas. Warna-warna terang seperti putih dan krem adalah warna yang akan membuat rumah tidak terkesan sempit.

Teras Rumah Minimalis Type 36

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penataan ruang untuk rumah minimalis. Hal yang pertama seperti yang telah diulas sebelumnya yaitu mengenai warna, ini berfungsi untuk warna cat dinding atau furnitur-furniturnya. Pemilihan wallpaper dengan warna yang lembut juga dapat diaplikasikan di ruangan tertentu.

Jika Anda menyukai seni, Anda dapat memasang lukisan dengan gambar pemandangan, sehingga jarak pandangAnda pada lukisan akan luas.Ini karena pemandangan membuat imajinasi kita meluas, seperti deretan gunung dan perbukitan disertai dengan hamparan sawah, atau gambar laut biru yang luas.

Pemilihan pintu untuk rumah minimalis type 36 sebaiknya menggunakan model 1 pintu karena model pintu ini sangat sederhana. Apabila memilih dengan model 2 pintu, maka akan membutuhkan space yang lebih sedangkan type 36 sendiri luasnya sangat terbatas. Pintu dengan bahan kayu jati direkomendasikan karena lebih tahan lama. Keramik di teras rumah minimalis type 36 ada baiknya menggunakan porselen. Pada dasarnya, rumah type 36 minimalis mengedepankan fungsi dari rumah itu sendiri sebagai hunian dan tempat istirahat yang nyaman.

tags: , , , , , , , ,