Desain Rumah Minimalis Tradisional Jepang

Saturday, October 3rd 2015. | Rumah Minimalis

Saat ini perkembangan desain rumah minimalis tradisional banyak yang mengambil sampel dari negara Jepang. Mengapa demikian? Dikarenakan rumah tradisional dari negara tersebut lebih banyak mempresentasikan kesehatan lingkungan dan alam dengan pilihan bahan-bahan dan konfigurasi yang spesial.

Desain Rumah Minimalis Tradisional Jepang

Biasanya desain rumah minimalis tradisional Jepang menggunakan sliding dinding berbalik untuk aspek spasial ruangan dan terhubung ke luar. Batas-batas antara di dalam dan di luar ruangan pun terlihat agak renggang, yang secara garis besar rumah tradisional ini mempunyai konsep ketidakkekalan, fleksibilitas dan ketenangan.

Konsep Desain Rumah Minimalis Tradisional Jepang

Sementara itu batu pegunungan, dan kayu merupakan bahan utama untuk digunakan dari rumah minimalis tradisional jepang. Mengingat daerah geografis yang hampir sama dengan Indonesia menjadikan bahan tersebut pilihan yang praktis untuk mengatasi gempa bumi yang sering melanda.

Interior dan Desain Rumah Minimalis Tradisional Jepang

Desain atap rumah tradisional bertumpu pada balok yang didukung oleh tiang-tiang kayu, sehingga dapat membebaskan dinding dari beban yang terlalu berat. Hal inilah yang memungkinkan dinding memiliki bukaan besar dan dapat digunakan se-fleksibel mungkin. Atribut fleksibilitas dari rumah tradisional Jepang, ambiguitas dan ringan semuanya didirikan pada kebebasan yang ditawarkan oleh kontruksi rangka kayu.

Desain Rumah Minimalis Tradisional Jepang

Ukuran yang agak besar untuk ventilasi dapat memfasilitasi kenyamanan iklim jika cuaca dalam kondisi yang basah. Anda juga akan mendapati penggunaan bahan dari kayu, kertas, jerami dan kain yang sangat ramah lingkungan dan dapat didaur ulang jika tidak digunakan lagi.

Kombinasi Taman dengan Desain Rumah Minimalis Tradisional Jepang

Arsitektur Jepang memang menunjukkan apresiasi yang mendalam untuk lingkungan dan alam. Desan rumah minimalis tradisional ini berusaha untuk mengintegrasikan dan menerapkan kombinasi taman dengan lebih sempurna. Untuk penggunaan bahan paving pada landscape outdoor dapat menggunakan kerikil walaupun anda juga dapat menerapkannya di dalam ruangan.

Desain rumah minimalis tradisional Jepang menggunakan tikar sebagai permukaan untuk duduk, tidur dan berjalan. Ukuran karpet sekitar 90 x 180 cm, tikar dibakukan sebagai referensi modular untuk setiap dimensi antara ukuran rumah dari kamar dengan tinggi pintu, sedangkan karpet itu sendiri didasarkan pada pertimbangan antropometrik. Semoga informasi mengenai desain rumah minimalis tradisional Jepang ini bermanfaat.

tags: ,